Statistik

Saturday 26 March 2016

Learning process "Scienctific approach"

Learning process "Scientific approach" 

     Dalam kurikulum 2013, pengajar atau guru diharuskan atau diwajibkan untuk menggunakan scientific approch dalam proses belajar dan mengajar. Karna masih banyak yang bingung dan belum tahu bagaimana menggunakan pendekatan scientific. Disini penulis akan memberi penjabarannya secara singkat, agar dapat dipraktekan dengan mudah didalam kelas.

   Dalam scientific approch itu sendiri ada 4 tahapan:
1. Observing, dalam tahap ini, peserta didik mendengar, melihat, dan membaca materi yang akan dipelajari.
2. Questioning, dalam tahap ini, peserta didik bertanya tentang apa yang telah dibaca, dilihat dan didengar. Biasanya dalam tahapan ini, peserta didik terkesan malu-malu untuk mengajukan pertanyaan. Jadi, gurulah yang harus bisa memancing peserta didik agar menanyakan materi pelajaran yang tidak dimengerti.
3. Associating, in this stage, ask your students to make a group. Jadi, buatlah peserta didik menjadi beberapa kelompok. Agar peserta didik tidak merasa bosan. Bagilah kelompok berdasarkan secarik kertas bergambar "animal atau hewan", setiap siswa berhak mengambil satu kertas kecil tersebut, dan mencari teman kelompoknya dengan menyuarakan atau menirukan bunyi hewan sesuai dengan gambar hewan yang didapatnya. Hal tersebut, sangat membantu untuk menghidupkan suasana didalam kelas. Dan, peserta didik semakin semangat untuk belajar.
4. Experimenting, peserta didik belajar dan bekerja secara berkelompok untuk memecahakan soal atau tugas yang diberikan oleh guru.
5. Communicating, peserta didik mempresentasikan hasil dari diskusi dengan kelompoknya didepan kelas.

    In conclusion, those explanations above, i hope those can help a good teacher to practice it in the class. Then, students can study happily. So, don't hastite to explore our knowledge.

Thank you for reading, please give me a comments. 😊

No comments:

Post a Comment